Beranda > Thermodinamika > Berbagai Property Sistem

Berbagai Property Sistem

Ketika kita membahas tentang suatu proses thermodinamika, misalnya pada proses pemanasan air, pasti kita ingin mengetahui, berapa suhu air sebelum dipanaskan, berapa tekanan pada bejana air, berapa massa air yang dipanaskan dan sebagainya. Sebenarnya yang kita tanyakan tersebut adalah property dari sistem yang tengah dikaji.

Property sistem merupakan karakteristik yang melekat pada suatu sistem seperti suhu (T), tekanan (P), volume (V) dan massa (m).   Bila diperluas lagi, property ini meliputi hal-hal yang agak jarang kita dengar seperti viskositas, konduktivitas panas, modulus elastisitas, koefisien pengembangan, resistivitas listrik atau bahkan kecepatan dan elevasi dari sistem.

Property dikategorikan menjadi dua bagian yakni ekstensif property yakni property yang nilainya bergantung pada ukuran sistem, seperti massa dan volume. Sebagai contoh, bila sistem kita bagi dua, maka massa masing-masing subsistem akan menjadi setengah dari ukuran sistem keseluruhan. Demikian pula volumenya.

Lain halnya dengan suhu, tekanan dan massa jenis. Walaupun sistem kita bagi dua, tetapi suhu, tekanan dan massa jenis sistem tersebut pasti akan tetap sama. Property yang tidak bergantung pada ukuran sistem ini disebut dengan intesif property.

Tidak semua property bersifat independent, sebagai contoh adalah densitas. Densitas didefinisikan sebagai massa persatuan volume. Demikian pula dengan volume jenis atau spesific volume yang didefinisikan sebagai volume persatuan massa. Contoh lain adalah spesific gravity atau densitas relatif, yakni perbandingan antara densitas dari suatu substansi terhadap densitas substansi standar pada suhu tertentu.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: