Beranda > Thermodinamika > Sistem Termodinamika

Sistem Termodinamika

Sistem Termodinamika di definisikan sebagai zat atau suatu bidang didalam suatu ruang yang dipilih untuk dikaji. Massa atau bidang diluar sistem disebut dengan sekeliling (surrounding). Sementara permukaan real ataupun imajiner yang memisahkan sistem dengan sekelilingnya disebut dengan batas sistem (boundary).

Sistem thermodinamika terbagi menjadi dua jenis yakni sistem tertutup dan sistem terbuka.

"Sistem Tertutup"

Sistem Tertutup - Energi dapat keluar masuk sistem, namun massa tidak

1.    Sistem tertutup (closed system). Sistem tertutup terdiri atas suatu jumlah massa yang tertentu dimana massa ini tidak dapat melintasi lapis batas sistem. Tetapi, energi baik dalam bentuk panas (heat) maupun usaha (work) dapat melintasi lapis batas sistem tersebut. Dalam sistem tertutup, meskipun masssa tidak dapat berubah selama proses berlangsung, namun volume dapat saja berubah disebabkan adanya lapis batas yang dapat bergerak (moving boundary) pada salah satu bagian dari lapis batas sistem tersebut.

Sebagaimana gambar sistem tertutup disamping, apabila panas diberikan kepada sistem (Qin), maka akan terjadi pengembangan pada zat yang berada didalam sistem. Pengembangan ini akan menyebabkan piston akan terdorong ke atas (terjadi Wout).

Karena sistem ini tidak mengizinkan adanya keluar masuk massa kedalam sistem (massa selalu konstan) maka sistem ini disebut juga dengan control mass.

sistem terbuka

Sistem Terbuka - Energi dan Massa dapat keluar masuk sistem, volume selalu tetap

2.  Sistem Terbuka (Open System). Sistem terbuka meliputi peralatan yang melibatkan adanya aliran massa kedalam atau keluar sistem seperti pada kompresor, turbin atau nozel. Pada sistem terbuka ini, baik massa maupun energi dapat melintasi batas sistem. Dengan demikian pada sistem ini, volume dari sistem tidak berubah, sehingga disebut juga dengan control volume. 

Perjanjian yang kita gunakan untuk menganalisis sistem adalah :

  • Untuk Panas (Q) bernilai positif bila diberikan kepada sistem, dan bernilai negatif bila keluar dari sistem
  • Untuk Usaha(W) bernilai positif apabila keluar dari sistem dan bernilai negatif bila diberikan (masuk) kedalam sistem.

Yang menjadi catatan penting adalah, persamaan thermodinamika yang akan diterapkan pada sistem terbuka dan tertutup adalah berbeda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui, apakah sistem yang dikaji merupakan sistem terbuka atau sistem tertutup.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: