Beranda > Thermodinamika > Suhu (Temperatur)

Suhu (Temperatur)

Suhu adalah ukuran yang dipakai untuk menyatakan derajat panas dari suatu sistem. Untuk mengukur suhu, digunakan alat ukur yang disebut termometer.  Suhu dapat diukur karena beberapa properti dari suatu zat akan berubah akibat terjadinya perubahan suhu pada zat tersebut secara berulang dan dalam arah yang dapat diramalkan. Sebagai contoh, pada suhu 100 derajat celcius air selalu akan mendidih apabila tekanan lingkungannya 1 atm dan ia akan membeku pada suhu 0 derajat celcius.

Karena sifat zat yang berubah seiring dengan berubahnya suhu ini, maka dapat dibuat alat untuk mengukur suhu dengan membandingkan properti suatu zat standar terhadap suhu zat yang hendak diukur. Ini merupakan implementasi dari hukum thermodinaka ke o (zeroth law of thermodynamics) yang berbunyi :

Jika dua benda berada dalam kesetimbangan thermal dengan benda ketiga, maka ketiga-tiganya sama-sama berada dalam kesetimbangan thermal“.

Hukum tersebut mengandung artian, bahwa dua buah benda berada dalam kesetimbangan thermal jika keduanya memiliki suhu yang sama, walaupun keduanya tidak saling bersentuhan.

Skala yang digunakan untuk mengukur suhu dalam sistem SI adalah skala Celcius (dulu dinamai Centigrade) sementara untuk sistem Inggris digunakan skala Fahrenheit. Pada skala Celcius, titik beku dan titik didih ditandai dengan anka 0 dan 100, sementara pada skala Fahrenheit ditandai dengan angka 32 dan 212. Di dalam ilmu Thermodinamika, skala suhu yang digunakan haruslah bersifat independen terhadap properti dari sembarang zat, skala ini disebut dengan skala suhu thermodinamis.

Skala suhu thermodinamis dalam sistem SI adalah skala Kelvin yang disingkat K (tidak pakai tanda derajat). Sementara dalam sistem Inggris digunakan skala Rankine. Ingatlah, bahwa untuk mata kuliah Thermodinamika, semua perhitungan dilakukan dengan skala thermodinamis.  Untuk itu, perlu diingat hubungan persamaan berikut:

Sementara hubungan persamaan untuk kedua sistem persamaan adalah sebagai berikut

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: