Beranda > Thermodinamika > Zat Murni

Zat Murni

Zat murni adalah zat-zat yang memiliki komposisi kimia yang tetap dan seragam di seluruh bagiannya seperti  air, udara, nitrogen dan karbondioksida.  Zat yang tidak memiliki komposisi kimia yang seragam seperti pada campuran minyak dan air bukan merupakan zat murni.

Zat-zat dapat dapat memiliki beberapa jenis fasa seperti padatan, cairan atau gas tergantung kondisi dari zat tersebut. Sebagai contoh, pada suhu dan tekanan ruangan, air akan berada dalam fasa cair, nitrogen pada fasa gas sementara aluminium berada pada fasa padat.

Namun demikian, terdapat suatu situasi dimana ada dua fasa dari zat murni terjadi pada keadaan setimbang. Sebagai contoh, air berwujud sabagai campuran (mixture) fasa cair dan fasa uap didalam boiler dan kondenser di suatu pembangkit tenaga uap. Demikian pula, Refrigerant berubah dari wujud cair menjadi gas pada freezer kulkas.

Dalam bahasan kita, akan digunakan air sebagai contoh untuk menggambarkan prinsip-prinsip dasar yang terjadi pada zat-zat murni dalam berbagai kondisi beserta sifat-sifat zat yang menyertainya

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: