Beranda > Thermodinamika > Fasa padat dan Triple Point

Fasa padat dan Triple Point

Diagram yang telah dibahas pada pembahasan sebelumnya hanya memperlihatkan proses perubahan fasa dari cair menjadi uap. Diagram tersebut dapat dikembangkan lagi untuk memasukkan fasa beku (padat) kedalamnya.

Bila keadaan padat (beku)dimasukkan, maka terdapat dua fenomena yang terjadi pada zat murni.

Pada kebanyakan logam, ketika ia membeku, maka volumenya akan menyusut, sehingga nilai spesific volume fasa padatnya  lebih kecil dari pada fasa cairnya, atau dengan kata lain, massa jenis fasa padatnya lebih besar dari pada fasa cairnya.

Pada air, ketika ia membeku, maka volumenya akan memuai, sehingga nilai spesific volume  fasa padatnya lebih besar dari pada fasa cairnya, atau dengan kata lain massa jenis es lebih rendah dari pada massa jenis air. Ini merupakan keistimewaan pada air. Anda bisa membayangkan apa yang terjadi bila massa jenis es lebih tinggi dari massa jenis air. Es akan tenggelam dalam air, dan es yang berada di kutub akan tenggelam kedasar laut yang berlangsung secara terus menerus hingga seluruh bagian air di kutub akan membeku hingga kedasarnya !!!.

Sebagai ilustrasi dari dua fenomena ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Diagram P-v dengan menyertakan fasa padat (beku)

Pada gambar di atas, terlihat ada garis yang disebut dengan garis triple line. Pada kondisi ini, zat murni akan berada pada 3 fasa yang setimbang, yakni fasa beku (padat), fasa cair dan fasa uap. Pada posisi di triple line,walaupun spesific volumenya berbeda,  suatu zat akan memiliki tekanan dan suhu yang sama. Oleh sebab itulah, bila ditinjau dari diagram P-T nya, keadaan di triple line hanya akan berbentuk sebuah titik yang di sebut dengan triple point.

Untuk air, nilai tekanan dan suhu di triple point adalah 0,6113 kPa dan 0,01 C. Dengan kata lain, ketiga fasa air hanya akan ada pada tekanan dan suhu tepat diangka tersebut.

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: