Beranda > Thermodinamika > Tabel Properti Untuk Compressed Liquid dan Superheated Vapor

Tabel Properti Untuk Compressed Liquid dan Superheated Vapor

Properti untuk compressed liquid dan Superheated Vapor relatif lebih mudah untuk dipahami, karena pada kawasan ini hanya ada satu nilai untuk masing-masing properti. Ini berbeda dari properti pada uap yang memiliki dua nilai untuk tiap properti, yakni nilai pada keadaan cair (ditandai subscript f) dan nilai pada keadaan uap (ditandai subscript g).

Tabel Properti Untuk Compressed Liquid

Untuk compressed liquid (fasa cair) contoh tabel propertinya adalah sebagai berikut:

Contoh compressed liquid tabel

 

Pada bagian yang dilingkari di atas tertulis P=5MPa(263.94 °C). Angka  P=5Mpa adalah nilai tekanan yang ditentukan untuk semua suhu pada tabel P=5MPa tersebut. Sementara  angka suhu (263.94 °C) adalah suhu saturasi pada tekanan 5 Mpa. Suhu saturasi ini ditulis sebagai Sat di baris ke-4 dari tabel tersebut dari merupakan baris pertama data. Artinya baris pertama data berisi informasi tentang properti pada tekanan dan Tsat nya. Baris berikutnya baru dimulai dengan suhu 0 °C dan seterusnya.

Pada tabel data untuk compressed liquid, data tabel tekanan ini dimulai dari tabel data untuk tekanan 5MPa (50 Bar).  Tentunya akan timbul pertanyaan, bagaimana menentukan nilai data properti compressed liquid untuk tekanan yang nilainya dibawah 5 MPa karena tabel datanya tidak tersedia.

Untuk tekanan di bawah 5 MPa, anda dapat menggunakan data dari tabel uap (steam tabel) yang telah kita gunakan pada artikel terdahulu. Namun karena pada steam tabel ada 2 jenis keadaan yakni keadaan cair (subscript f) dan keadaan uap (subscript g), maka anda harus memilih data untuk keadaan cairnya saja. Logikanya, tidak mungkin anda menggunakan data keadaan uap untuk cairan compressed liquid. Walaupun ini merupakan nilai pendekatan (aproksimasi) namun pendekatan ini diterima untuk perhitungan engineering pada tekanan dibawah 5 MPa tersebut.

 

Tabel Properti Untuk Superheated Vapor
Untuk superheated vapor, bentuk tabelnya sama dengan compressed liquid, dan langsung dapat digunakan pada berbagai kondisi tekanan tanpa perlu bantuan dari tabel uap (steam table) sebagaimana pada compressed liquid.
Untuk superheated vapor (fasa uap panas) contoh tabel propertinya adalah sebagai berikut:

contoh tabel superheated vapor

 

 

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: